Posted by : DanarDwi Rabu, 31 Juli 2013

VIVAnews - Ledakan disusul kebakaran hebat menimpa pipa bahan bakar minyak (BBM) milik PT Pertamina di Dusun Maribaya, Ancol, Cineam, Tasikmalaya, Jabar, pukul 18.00 WIB, Selasa 30 Juli 2013. Insiden diduga akibat usaha pencurian dengan cara mengebor pipa.

"Sementara itu penyebab kebakaran masih dalam penyelidikan pihak yang berwajib," kata VP Corporate Communication Pertamina Ali Mundakir dalam keterangan persnya.

Menurutnya, kini PT Pertamina (Persero) tengah berusaha mengatasi kebakaran yang terjadi di lokasi kebocoran pipa BBM yang membentang dari Terminal BBM Lomanis, Jawa Tengah menuju Terminal BBM Tasikmalaya itu.

Dijelaskannya, pada pukul 07.00 ditemukan kebocoran pipa BBM CB C yang dialiri Premium di Dusun Maribaya Ds Ancol Kec Cineam Kab Tasikmalaya, kira-kira 15 KM dari Terminal BBM Tasikmalaya. Penyebab kebocoran tersebut terindikasi merupakan usaha pencurian dengan ditemukannya kran yang masih menempel di badan pipa, bor listrik dan Palu.

"Semua alat bukti tersebut telah diamankan dan kini masih dalam penyelidikan pihak kepolisian," katanya.

Dengan adanya kebocoran tersebut maka Pertamina segera menyetop pengiriman Premium dan menutup valve yang terdekat dari lokasi kebocoran. Untuk mencegah insiden karena masyarakat mulai melakukan aksi menampung BBM yang sangat membahayakan keselamatan, maka Pertamina segera melokalisir lokasi dan mencoba menampung tumpahan premium agar tidak mencemari lingkungan dan mencegah potensi bahaya lainnya.

"Dalam upaya penanganan kebocoran dan menampung tumpahan minyak tersebut kemudian timbul kobaran api di sekitar lokasi kebocoran dan membakar mobil tangki penampung."

Pertamina segera mengerahkan tim pemadam kebakaran yang berasal dari Tasikmalaya, Cilacap, Garut, Balongan dan Jakarta untuk memadamkan api. Saat ini kebakaran telah dilokalisir dengan membuat kolam untuk menampung sisa premium yang tersisa dalam pipa.

"Segera setelah api padam, Pertamina akan menutup kebocoran dengan perkiraan waktu penanganan sekitar 2 hari," ujarnya.

Menurutnya, selama proses penanganan, pasokan BBM di wilayah Jawa bagian Barat aman karena stok dalam kondisi tinggi di wilayah tersebut yang didukung pasokan dari Terminal BBM Tasikmalaya, Ujung Berung dan Padalarang. "Sehingga distribusi BBM ke masyarakat tetap berjalan lancar," kata dia. (umi)

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Pages

Diberdayakan oleh Blogger.

Search This Blog

Welcome to My Blog

[CLOSE]

Mengenai Saya

Foto saya
Indramayu, jawa barat, Indonesia
ada obsesi ada jalan elins UGM 12

Popular Post

pengikut

- Copyright © yang muda yang kreatif -Robotic Notes- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -